Sunday, October 16, 2016

Ini Dia Mobil Kece dan Modis Rp47 Jutaan


KINI semakin marak, city car dengan harga yang sangat bersaing. Ya, inilah Datsun merk pabrikan Jepang ini, memang bukan pendatang baru. Tapi muncul sebagai legenda yang terlahir kembali.

Pasca debut perdananya bulan April lalu di India, urban crossover yang sekaligus merupakan model ketiga Datsun redi-Go telah resmi dilepas ke pasar roda empat Negeri Bollywood dalam sebuah event spesial di New Delhi, Selasa (7/6) lalu.

Digadang sebagai mobil dengan banderol terjangkau, mobil pabrikan Jepang ini mengeluarkan lima varian redi-Go buat konsumen India dalam harga yang relatif 'miring'. Berikut daftar harganya sesuai lansiran Indianautosblog:

• redi-Go D - INR 238.900 atau sekitar Rp 47 jutaan,
• redi-Go A - INR 282.649 atau sekitar Rp 56,1 jutaan,
• redi-Go T - INR 309.149 atau sekitar Rp 61,4 jutaan,
• redi-Go T(O) - INR 319.399 atau sekitar Rp 63,5 jutaan,
• redi-Go S - INR 334.399 atau sekitar Rp 66,5 jutaan,

Dilabeli sebagai mobil urban crossover, redi-Go memiliki dimensi yang mungil, karena hanya mempunyai panjang 3.429mm, lebar 1.560mm dan tinggi 1.541mm dengan wheekbase 2.348mm. Namun dari segi ground clearance, mobil yang berbagi platform CMF-A bersama Renault Kwid ini punya ground clearance tertinggi di kelasnya yakni 185mm.

Saat peluncuran perdananya, Datsun menyebutkan bahwa redi-Go dibekali satu tipe dapur pacu yaitu mesin 0.8 liter berteknologi i-SAT yang sanggup memproduksi tenaga sampai 54 hp dan torsi puncak 72 Nm. Disandingkan dengan transmisi manual 5-percepatan, tingkat keiritan mobil ini mampu mencapai hingga 25.17 km/liter.

Spesifikasi Datsun Redi Go

Tampilkan Gaya Desain Eksterior yang Elegan

Tampaknya, memang mobil murah besutan pabrikan Jepang ini memang sudah siap mengaspal dengan tampilan khas gaya crossover yang begitu elegan. Bagaimana tidak? Jika ditelisik satu per satu bagian, Datsun Redi-Go ini memang memiliki tampilan yang cukup simple namun tetap memancarkan aura elegan. Mulai dari depan, sudah dilengkapi dengan front grille yang didesain dengan bentuk hexagonal di mana berpadu dengan aksen chrome pada setiap sisinya. Bahkan, headlamp Datsun Redi Go inipun juga turut terpasang manis dengan bentuk desain yang tampak meruncing sehingga tampak lebih futuristik dan modern yang sudah dilengkapi dengan Daytime Running Lamps. Lalu, lekukan bodi yang lembut dari sisi depan hingga belakang mampu memperlihatkan kesan yang lebih modern di bagian sampingnya.. Menginjak pada bodi belakang, Datsun Redi Go ini juga sudah dilengkapi bumper belakang yang didesain secara lebih futuristis dan cukup rendah. Sedangkan, untuk lampunya menggunakan lampu vertikal dan lampu rem berkontur. Dengan melihat hal tersebut, tampaknya spesifikasi Datsun Redi-Go ini memang tetap mengusung kesan futuristis yang tampak lebih elegan.

Dimensi Lebih Ramping dan Lebih Sporty

Nah, setelah kita mengulas sektor eksterior dan interior dari spesifikasi Datsun Redi Go, kini saatnya kita akan membahas mengenai dimensi dari spesifikasi Datsun Redi Go. Untuk ukuran dimensinya, Datsun Redi-Go ini memiliki panjang 3.429 mm, lebar 1.560 mm, dan tinggi 1.541 mm dengan jarak sumbu rodanya mencapai 2.348 mm. Dengan mengetahui dimensi tersebut, tentunya dapat diketahui bahwa Datsun Redi Go  ini memiliki bentuk desain yang ramping. Namun, hal yang jelas bahwa Datsun Redi Go ini memang sudah dirancang dengan teknologi rangka RCPS – Reinforced Crash Protection Shell yang memiliki struktur bodi yang mungil namun kokoh sehingga mampu mencegah resiko dampak kecelakaan yang memang tidak dapat dihindari. Selain itu, mobil garapan Negeri Bunga Sakura ini memiliki bentuk yang mungil dan ramping sehingga hanya mampu dimasuki 5 orang penumpang dan pengemudi. Namun, dari kemungilannya tersebut, Datsun Redi-Go  ini akan lebih lincah. Di sisi lain, Datsun Redi Go ini juga memiliki ground clearance yang mencapai 185 mm sehingga Datsun Redi Go akan lebih mudah dikendarai ketika berada di medan jalan yang berlubang dan banyak bebatuan. Kemudian, untuk bagian kaki-kakinya, Datsun Redi Go bakal dibekali sistem suspensi yang berteknologi superior, yaitu  Double Pivot Arm pada bagian depan dan H-Type Torsion Beam pada bagian belakang. Di mana, suspensi tersebut memiliki lengan poros ganda yang memang dirancang untuk menyesuaikan dengan berbagai kondisi jalan sehingga akan menjadikan mobil lebih stabil dan nyaman dikendarai. Spesifikasi Datsun-Redi Go juga memiliki fitur pengereman PAB (Performance Augmented Brakes) yang pakem.

Ditenagai Mesin DOHC 12-Katup  



Selanjutnya, mari membedah secara detail mengenai sektor dapur pacu dari spesifikasi Datsun Redi Go. Oke, langsung saja. Datsun Redi-Go merupakan mobil kelas menengah ke bawah dengan harga yang terjangkau. Namun, untuk soal mesin, jangan diremehkan. Pasalnya, Datsun Redi Go ini dibekali mesin DOHC 12-katup 3 Silinder dengan sistem manual 5 percepatan 2 WD front. Di mana mesin tersebut mengusung teknologi i-SAT (Intelligent Spark Automated Technology) yang secara otomatis akan menyesuaikan konsumsi dalam penggunaan bahan bakar sehingga bisa lebih efisien bahan bakar. Selain itu, dengan penggunaan teknologi mesin i-SAT tersebut, tentunya Datsun Redi-Go akan lebih irit bahan bakar dengan ukuran jarak tempuh 25,17 km/liter. Di sisi lain, mesin tersebut juga memiliki kapasitas hingga 799c di mana akan mampu menyemburkan tenaga hingga mencapai 54 Ps pada putaran ke 5.678 rpm. Melihat kekuatan mesin tersebut, tentunya Datsun Redi Go ini akan bisa dikendarai dengan tenaga yang cukup mumpuni. Selain itu, semburan tenaga mesin tersebut akan dikawinkan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan. Dengan melihat spesifikasi Datsun Redi-Go pada sektor dapur pacu ini, tentu membuatnya tak kalah tanding dengan mobil lain.


Dilengkapi dengan Fitur Kenyaman dan Keselamatan

 Akhirnya, sampailah kita pada pembahasan terakhir mengenai spesifikasi Datsun Redi Go ini. Pada pembahasan terakhir ini, akan mengulas secara lengkap seputar berbagai macam fitur dari Datsun Redi-Go. Pertama untuk fitur kenyamanan, Datsun Redi Go telah dilengkapi dengan hiburan berupa audio system lengkap dengan slot USB, AUX, Radio (AM/FM), CD, MP3 yang tergabung dalam 1 audio system. Bahkan, Mobile Docking System yang akan membantu pengemudi untuk mengakses smartphone miliknya tanpa mengganggu fokus berkendara. Kemudian, menginjak pada fitur keselamatan, Datsun Redi Go ini sudah dilengkapi dengan Airbag dan bodi struktur yang berteknologi RCPS sehingga akan mengurangi dampak kecelakaan dan memberi keselamatan kepada pengemudinya. Dengan demikian, tampaknya memang spesifikasi Datsun Redi-Go ini siap memanjakan pengendaranya dengan baik.


Spesifikasi Datsun Redi Go
Tipe D A T T (O) S
Dimensi
P x l x t 2348 mm x 1560 mm x 1541 mm
Jarak Ke Tanah 185 mm
Min. Radius Belok 4.73 m
Ukuran Roda 155/80 R13
Suspensi Double Pivot Arm & H-Type Torsion Beam
Mesin
Tipe DOHC 12 valve 3 Cylinders
Tenaga/Torsi 53 bhp@5678 rpm/72 Nm@4386 rpm
Transmisi FWD MT
Tangki BBM 35 l
Eksterior
Headlamp Stylish Headlamps with Leveller Stylish Headlamps (with Silver decoration) with Leveller
Velg Stylish Wheel Rims – Steel Stylish Wheel Rims -Black with cover
Interior
Kapasitas Kursi 5
AC Standar AC Vent: Silver Paint finish
Speedometer Standar  Ya dengan Tachometer
Entertainment Standar CD /AM/FM USB/AUX/MP3 RADIO
Keamanan dan Keselamatan
Keamanan Standar Immobilizer Immobilizer + airbag
Sistem Rem Front Disc, Rear Drum


Waow, mungil irit dan murah, tapi bagaimana dengan safetinya ya? Tapi merk Datsun yang merupakan cikal bakal Nissan ini pasti telah sangat berpengalaman, juga mobil ini adalah pabrikan Jepang yang terkenal telah memasarkan mobil yang berkualitas di Indonesia ini. Kapan ya diresmikan di Indonesia, dan jika sampai berapa ya harganya ? Apakah anda tertarik untuk meminangnya ? (I2A/***)

No comments:

Post a Comment