Friday, November 11, 2016

Yuuukkk, Mancing Mania di Pantai Rupat




PULAU Rupat adalah sebuah pulau di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Di pulau yang memiliki luas lebih kurang 1.500 Km2 ini wisatawan tidak hanya bisa berwisata menikmati keindahan pulau maupun lautan, tapi juga bisa menyalurkan hobi, seperti menmancing.

Destinasi Pulau Rupat memang banyak menyimpan pesona alam yang masih asri dan alami. Mulai dari sungai kecil yang mengalir tenang, hingga sungai besar yang membelah pulau. Dimana keindahanya sangat menawan dan mampu menarik hati para pengunjung datang kembali.

Selain memiliki keindahan menawan Pulau Rupat ini dihuni sekitar 47.000 jiwa penduduk yang sampai saat ini dinamakan Pulau Bengkalis yang juga merupakan pusat kota untuk pemerintahan Kabupaten Bengkalis.


Sebenarnya di Kabupaten Bengkalis ini masih banyak pantai-pantai indah dan menawan, hanya saja belum terekspos secara keseluruhan. Diantaranya Pantai Ketapang di Desa Sungai Cingam, Pantai Lapin di Desa Tanjung Punak dan juga lokasi lainya.

Dimana pantai-pantai itu juga tersedia bermacam-macam jenis ikan yang bisa jadi tujuan utama bagi wisatawan dalam menyalurkan hobi memancing. Sehingga keindahan Pulau Rupat itu juga bisa dijadikan ajang mancing mania yang saat ini lagi trend di dunia memancing.

Untuk mencapai lokasi pantai-pantai yang ada di Pulau Rupat tersebut, wisatawan juga tidak ada kesulitan. Salah satunya Pantai Rupat Utara. Dimana wisatawan hanya sekitar 30 menit sudah sampai di lokasi Pantai yang memiliki panjang pesisir sekitar 11 Km dan lebar 30 meter itu.

Sesuai wacana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, untuk memanjakan wisatawan, Pemprov Riau akan menyelenggarakan 'Mancing Mania' tingkat internasional di Pulau Rupat. Dimana program tersebut akan dibuka untuk wisatawan mancanegara dan lokal.

Dalam kegiatan itu nantinya wisatawan bisa menggunakan fasilitas kapal sendiri maupun kapal yang disediakan dari Pemerintahan Riau.

Jika program Mancing Mania untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Riau. Bahkan, jika dalam iven tersebut wisatawan diperbolehkan menggunakan kapal mewah, seperti kapal pesiar, yang akan diberikan fasilitas berlabuh di Pulau Rupat.

Program Mancing Mania sendiri, selain meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan, masyarakat tempatan juga mendapatkan keuntungan dengan mendapat lapangan kerja. Mancing Mania itu bukan merupakan penangkapan ikan untuk konsumsi, tapi menyalurkan hobi.

Program Mancing Mania tingkat nasional ini merupakan langkah Riau dalam meningkatkan pariwisata yang kedepanya akan menjadi pusat perekonomian Riau. Bahkan, Pemprov Riau akan meningkatkan koordinasi dengan negara lain untuk program ini. Di antaranya negara tetangga Malaysia yang sebelumnya sudah ada kordinasi dengan kita,'' kata Andi.

Letak Pulau Rupat yang berada di sekitar pesisir Selat Malaka menjadikan pantai ini sebagai salah satu pantai dengan pemandangan alam bahari terindah yang bisa menarik perhatian para wisatawan manca negara.

Selain itu, jernihnya warna air laut di pantai ini juga terlihat seperti menambah pesona eksotik kawasan Pulau Rupat. Sehingga dalam kegiatan Mancing Mania yang diwacanakan nanti, wisatawan juga bisa membawa anggota keluarga. Karena banyak jenis kegiatan yang dapat dilakukan selama di Pulau Rupat.(I2A/***)

No comments:

Post a Comment