Thursday, October 13, 2016

Samsung Z2 dan Spesifikasi Terbaru 2016


PEKANBARU-Ada banyak sistem operasi mobile saat ini, dan salah satu yang terus berkembang adalah sistem operasi buatan Samsung yang selama ini kita kenal dengan nama Tizen OS. Sistem operasi ini tak hanya digunakan oleh smartphone, namun juga perangkat televisi buatan Samsung. Walaupun terasa kurang populer dibandingkan Android ataupun iOS, namun belum lama ini Samsung kembali merilis smartphone yang dilengkapi sistem operasi Tizen, yaitu Samsung Z2. Lalu seperti apa spesifikasinya ?

Spesifikasi Samsung Z2 tergolong standar, bahkan menurut kami sangat rendah. Pasalnya smartphone ini hanya memiliki kamera depan beresolusi VGA, dan layarnya cuma 4 inci. Untungnya sudah ada teknologi 4G LTE yang mampu menutupi semua kekurangan-kekurangannya. Di sisi lain, smartphone ini juga menawarkan Ram dan processor cukup mumpuni, sehingga performanya tetap bisa diandalkan. Nah, untuk melihat secara lengkap ulasan spesifikasi dan harga Samsung Z2, silahkan simak informasi berikut ini.


Samsung kembali menghadirkan smartphone berbasis OS Tizen. Namun spesifikasinya dibuat cuku rendah, agar harga jualnya lebih murah. Dimana untuk layarnya cuma 4 inci dan masih mengandalkan panel layar TFT beresolusi 480 x 800 pixels. Layar tersebut memiliki kepadatan 233 pixel per inci, sehingga kualitas gambarnya terasa kurang tajam dibandingkan Samsung Z3 yang memiliki layar 5 inci beresolusi HD 720p dan mengadopsi teknologi Super Amoled. Selain itu, layarnya juga belum dilindungi lapisan anti gores, jadi anda harus melasinya dengan screen guard.

Soal desain, Samsung Z2 memiliki desain minimalis dengan bodi yang terbuat dari material berbahan plastik. Sayangnya tak disebutkan ukuran dimensi serta bobotnya, namun sepertinya akan sangat ringan karena smartphone ini hanya memiliki layar berukuran 4 inci. Kemudian untuk dapur pacunya, Samsung Z2 dibekali sistem operasi Tizen versi 2.4 yang didalamnya memiliki user interface sangat menarik, dan tersedia berbagai pilihan thema yang mempercantik tampilan luar smartphone berlayar 4 inci ini.
 
Smartphone ini memiliki spesifikasi hardware tidak berbeda jauh dengan Samsung Galaxy J1 Mini. Pasalnya, keduanya sama-sama mengandalkan processor Quad Core 1.5 Ghz yang dipadukan dengan chipset Spreadtrum SC9830A dan pengolahan grafis bertipe Mali-400MP2. Spesifikasinya cukup lumayan, dan akan dipercepat oleh Ram berkapasitas 1GB. Selain itu, tersedia pula memori internal 8GB yang bisa diperluas dengan menambahkan microSD. Kemungkinan smartphone ini hanya mendukung microSD dengan kapasitas maksimum 32GB.


Kapasitas baterainya tergolong kecil, karena Samsung Z2 hanya memiliki baterai berkapasitas 1.500 mAh. Alhasil smartphone ini hanya memiliki waktu bicara selama 5 Jam (3G). Ada baiknya anda mempersiapkan powerbank, agar tidak kehabisan daya baterai ketika menggunakan Samsung Z2 untuk bermain game ataupun mengakses internet. Menariknya lagi, akses internet smartphone ini telah mendukung jaringan 4G LTE dengan kecepatan akses mencapai 150 mbps, dan bia dipakai mengupload file hingga kecepatan 50 mbps.

Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi fitur Dual Sim yang akan mempermudah penggunanya berkomunikasi dengan memakai dua nomer telepon secara bersamaan. Lalu ada pula konektivitas tambahan berupa Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan port microUSB 2.0. Harga Samsung Z2 yang murah membuat smartphone ini belum dilengkapi fitur NFC dan USB Type-C. Namun kekurangan tersebut tak jadi masalah berarti, karena smartphone ini sudah dilengkapi teknologi 4G LTE yang dianggap lebih penting dibandingkan fitur NFC.





Kemampuan kamera smartphone ini tergolong standar, dan hanya memiliki kamera depan beresolusi VGA yang terasa kurang memuaskan ketika dipakai mengambil foto selfie. Kamera tersebut lebih cocok dipakai untuk video call, mengingat resolusinya sanga rendah. Sedangkan untuk bagian belakang, Samsung Z2 memiliki kamera beresolusi 5 Megapixel dengan fitur LED Flash. Kamera tersebut cukup memuaskan, meski hasil jepretan fotonya tak sebaik smartphone Android buatan Samsung, sekelas Galaxy J5 ataupun Galaxy J3.
Wajar apabila spesifikasi smartphone ini dianggap kurang mumpuni. Namun spesifikasi hardwarenya dimilikinya mampu menjalankan sistem operasi Tizen dengan lancar. Aplikasi dan game juga bisa dieksekusi dengan sempurna, dan anda bisa mengandalkannya untuk mengakses interne pada jaringan 4G LTE. Nah itulah ulasan singkat mengenai spesifikasi Samsung Z2. Bagi anda yang tertarik membelinya, mari kita lihat informasi harga Samsung Z2 tersebut. Menurut anda, apakah harganya murah atau mahal ?



No comments:

Post a Comment