Friday, October 21, 2016

Bingung Mau Kemana Akhir Pekan, Ini 4 Danau Indah di Riau



WEEKEND tidak tahu ingin ke mana? Jangan kehabisan akal, karena Riau adalah bumi yang kaya akan tujuan wisata indah, khususnya untuk akhir pekan kamu. Nah, mungkin 4 Danau indah di Riau ini bisa menjadi destinasi liburan akhir pekan.

1. Danau Raja. Rengat


 Danau indah ini terletak di Kota Rengat, Kabupaten Inhu, sekitar 5 jam dari Kota Pekanbaru. Danau ini terletak di tengah Kota Rengat dan merupakan Danau Alami yang luas. Selain airnya yang bersih dan panorama di sekitar danau yang sangat indah, di danau ini kamu juga dapat menjumpai replica istana kerajaan Indragiri dan berbagai fasilitas hiburan.




2. Danau Buatan PLTA Koto Panjang, Kampar

 Untuk mencapai kawasan ini kamu harus melakukan perjalanan darat sekitar 2 jam dari Kota Pekanbaru. Sejauh mata memandang kamu akan menjumpai keramba ikan masyarakat berjajar rapi. Yups, selain sebagai sumber pembangkit listrik, danau ini juga menjadi sumber penghasilan. Menyusuri kawasan danau dengan berperahu menjadi salah satu kegiatan wajib yang harus kamu lakukan. Semakin ke barat akan kamu jumpai banyaknya pulau yang dulunya adalah bukit. Salah satu pulau baru tersebut telah disulap menjadi penginapan sederhana yang siap menerima tamu kapan saja, yaitu Pulau Tonga.

3. Danau Cipogas, Rokan Hulu

Danau yang terletak di Desa Haiti dan Desa Sialang Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu ini, terdapat Bendungan Kaiti dengan panorama batu-batuan yang besar, yang dialiri sungai dari kaki Bukit Haorpit yang terjal dan berbatu, konon kabarnya tempat ini dahulu kala adalah tempat petua-petua melakukan pertapaan.

Danau Cipogas dan Bendungan Kaiti dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua sekitar 4 km dari Pasirpengarayan, yang bersimpangan dengan objek Air Panas Pawan dan Goa Huta Sikafir.

Bendungan dengan genangan air yang besar, menjadikan tempat ini cocok untuk berekreasi air, dengan mendayung kereta air yang kita bisa sewa dari pemilik kereta air di sekitar danau, rekreasi mata yang kita dapatkan adalah, melihat tebing-tebing batu sungai sepanjang danau, hingga ke hulu.

Danau yang juga terkenal dengan tebing yang terjal, dimana kegiatan panjat tebing, menjadi agenda tersendiri bagi para pecinta olahraga panjat tebing alam, hal inilah yang menjadikan tempat ini selalu dijadikan kegiatan pertandingan "Panjat Tebing Alam".

4. Danau Limbungan. Pekanbaru

Danau Limbungan pada awalnya hanyalah sebuah bendungan air untuk tujuan pengairan. Berhubung letaknya yang dikelilingi perbukitan dengan panorama alam yang indah, danau  buatan ini dikembangkan menjadi objek wisata air bagi penduduk Kota Pekanbaru dan sekitarnya. Panorama alamnya  indah dan berhawa sejuk dijamin membuat kamu betah menghabiskan akhir pekan di sana.

Nah, menarik bukan. Jadi anda tidak perlu lagi bingung mau kemana hendak menghabiskan waktu di akhir pekan. Anda tertarik? silahkan coba jika ada waktu berlibur. Tertarik wisata indah lainnya di Riau? Kami akan membahasnya setiap pekan.(I2A/***)


nb: sumber foto diambil dari google

No comments:

Post a Comment