Wednesday, November 16, 2016

Ini Dia Kuliner Khas Provinsi Riau

HAI sobat I2A.. Kali ini, IniItuAja ingin mengulas beberapa kuliner Melayu khas Provinsi Riau. Yap, bumi Lancang Kuning memang dianungerahi banyak sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan. So, tidak heran banyak makanan-makanan khas Melayu Riau yang sangat enak dan sudah pasti Lazisssss....

Memang banyak hal yang bisa dicari wisatawan saat melancong ke Riau. Apalagi, Provinsi Riau memang dikenal sebagai negeri melayu memiliki berbagai jenis kuliner khas yang lezat dan nikmat. Penasaran apa saja makanan khas Riau, ini dia persembahan IniItuAja..




1. LEMPUK DURIAN

Lempuk Durian merupakan salah satu Jenis Makanan Khas dari Riau yang terbuat dari buah Durian. Lempuk ini berbentuk seperti dodol. Selain di Riau, lempuk juga dapat dijumpai di daerah lain di Sumatera. Makanan Khas Riau ini berasal dari Kabupaten Bengkalis, bahkan lempuk sudah menjadi icon Bengkalis.






2. MIE SAGU

Mie sagu adalah kuliner selingan makanan khas Riau. Mie Sagu ini dibuat dari tepung sagu yang diolah dari batang pohon sagu, yang banyak tumbuh di daerah ini baik secara liar maupun dibudidayakan pada perkebunan rakyat, Ciri khas dari Mie Sagu buatan masyarakat Selat panjang dan sekitarnya, terletak pada adanya tambahan ikan bilis (teri), tauge dan potongan daun kucai. Dengan pengolahan yang sempurna, Mie Sagu ini memberikan rasa yang sungguh nikmat dan memberikan sensasi apabila disajikan dalam keadaan masih hangat.



3. ES LAKSAMANA MENGAMUK

Es Laksamana Mengamuk merupakan minuman dingin yang menggunakan buah kuini sebagai bahan utama. Konon, keberadaan minuman ini berawal dari mengamuknya seorang laksamana di kebun kuini. Laksamana tersebut mengamuk lantaran istrinya dibawa lari oleh pemilik kebun kuini tersebut.

Sang laksamana menebas-nebaskan pedangnya ke seluruh penjuru, hingga puluhan buah kuini hancur karena kemarahannya ini. Usai sang laksamana menuntaskan kemarahannya dan pulang, orang-orang di sekitar kebun kuini mengambil puluhan buah kuini yang sudah tercincang dan terhampar di rumput. Pada awalnya, orang-orang tersebut bingung, akan diapakan buah kuini yang telah terpotong-potong tersebut. Hingga salah seorang wantia, mencampurkan potongan-potongan buah kuini itu dengan air santan dan gula merah. Jadilah minuman segar, yang pada waktu itu, langsung dinikmati oleh orang sekampung.

4. CENCALUK

 

Cencaluk ialah sejenis lauk dalam hidangan tradisional melayu. makanan ini dibuat dari udang halus, cencaluk mengandungi kandungan protein yang tinggi. Cencaluk ini sangat sedap dicampur dengan tumisan kangkung. Apalagi ditambah hidangan nasi putih panas plus telor dadar dan oseng tempe ikan teri (teribol). Yummmmmyy...





 5. IKAN SALAI


Ikan Salai adalah ikan basah yang masih segar lalu dikeringkan melalui proses pengasapan. Ikan Salai merupakan salah satu menu makanan yang cukup terkenal terutama bagi masyarakatRiau  yang tinggal di sepanjang sungai-sungai besar yang ada di Riau , salah satunya di Kabupaten Pelalawan.



6. ROTI CANAI

 Roti canai atau roti jenis leper yang berbentuk bulat ini, merupakan satu makanan kegemaran di Malaysia. Ia dimakan sebagai makanan pagi, tengahari, petang, dan malam. Sering kali dimakan bersama dengan teh tarik, atau teh ais.Biasanya dihidangkan dengan kuah dal atau parpu atau kari dengansambal ikan bilis.



7. ASAM PEDAS PATIN

 Asam Pedas Ikan Patin adalah masakan khas kota Pekanbaru Riau. Hampir disemua rumah makan maupun restoran di Kota Pekanbaru menyediakan menu Gulai Ikan Patin dan Asam Pedas Ikan Patin. Jadi tidaklah sulit kalau berkunjung ke Kota Pekanbaru untuk menyantap Gulai Ikan Patin dan Asam Pedas Ikan Patin masakan khas Kota Pekanbaru juga daerah Riau lainnya.

Kenikmatan menyantap Gulai Asam Pedas Ikan Patin adalah ketika disajikan hangat-hangat, pedas dan sedap membuat lidah bergoyang nendang. Pabila sepiring gulai Ikan Patin bersanding dengan Asam Pedas Ikan Patin sungguhlah nikmat. Gulai Ikan Patin yang berkuah kuning pekat dengan potongan-potongan besar Ikan Patin dan Asam Pedas Ikan Patin menawarkan penampilan dengan semburat merah yang menggoda.

8. ASAM PEDAN BAUNG

 
Tak jauh berbeda dengan Asam Pedas Patin, Asam Pedas Baung juga menjadi unggulan Riau. Wajar saja, mengingat Riau merupakan wilayah perairan.




9. MIE LENDIR

Makanan khas Riau yang ini namanya unik. Ketika mendengar pertama kali mungkin kita agak merasa aneh. Gimana ga aneh karena nama makanan ini disebut dengan “Mie Lendir”.

Makanan ini terdiri dari mie kuning rebus beserta toge dan biasanya dimakan dengan telur rebus. Kuah mie ini kental berbahan kacang tanah, ubi dan ditambah bumbu-bumbu lainnya. Inilah yang menyebabkan makanan ini disebut sebagai mie lendir. Biasanya masyarakat menikmati makanan khas Riau ini sebagai sarapan di pagi hari.

10. ASIDAH

 

Kue ini namanya Asidah, teksturnya lembut dan rasanya manis perpaduan rempah spt cengkeh, kayu manis dan daun pandan. yg anehnya kue ini dimakan pake bawang goreng. kue ini bisa dibentuk sesuka hati.



11. BOLU KEMBOJO

 
Tentu semua sudah tidak asing dengan yang namanya kue bolu, tapi di riau ada bolu yang unik namanya bolu kemojo, Ini merupakan sejenis kue bolu yang merupakan hidangan khas Pekanbaru dan dihidupkan oleh Bu Dinawati. Kue bolu yang awalnya hanya dibuat untuk makanan keluarga saja kini merupakan buah tangan yang sangat terkenal dari kota Pekanbaru.
 
 
12. ES AIR MATA PENGANTIN
 
Ini merupakan satu lagi nama es yang menarik yang merupakan kuliner khas Melayu riau. Es ini mengandung agar-agar dengan berbagai warna, biji selasih, blewah serta nata de coco. Minuman ini disajikan dengan es batu serut dan menjadi pelepas dahaga yang sangat ampuh pada siang hari yang terik.

Dari namanya yang unik dan rasanya yang segar dan nikmat es air mata pengantin menjadi salah satu minuman favorit di riau yang merupakan minuman khas riau.(I2A/***)

No comments:

Post a Comment