Friday, November 4, 2016

Ini Dia Tips Bebas Stress di Akhir Pekan

SEPEKAN bekerja dan menjalani beragam aktifitas tentu membuat badan dan pikiran sobat I2A sekalian lelah. Hari kerja sobat mungkin super sibuk, bahkan kacau. Nah, untuk itu pastikan akhir minggu atau weekend anda berfokus pada kesehatan dan relaksasi tubuh serta pikiran.
 
Sobat, tahu gak bahwa weekend atau liburan yang dijalani dengan baik dapat mengurangi tekanan (stress). Bahkan, liburan bisa memberikan semangat untuk menjalani hari-hari sibuk berikutnya.

Banyak orang mengira bahwa akhir pekan adalah saatnya total bersenang-senang, tapi apakah senang-senang itu sudah pasti membebaskan anda dari stress? Banyak juga yang apatis bahwa relaksasi tubuh dan pikiran tidak bisa dicapai.

Ini lantaran akhir minggu biasanya dihabiskan dengan segudang pekerjaan rumah yang menunggu. Bahkan tidak jarang weekend digunakan untuk lembur pekerjaan kantor yang menumpuk! Dan pada akhirnya, liburan weekend dijalani seperti hari kerja. Dan Beng..Beng..Beng..Beng kesehatan sobat mulai menurun. Ujung-ujunnya sobat mulai stress, stress, dan stress!

Nah, kali ini 93 I2A akan memberikan sedikit info atau beberapa tips ringan untuk membuat weekend sobat menjadi waktu rileks, yang tidak membutuhkan waktu panjang, dan tanpa mengabaikan pekerjaan lain yang memang harus dikerjakan di akhir minggu.

* Berhubungan dengan orang yang anda cintai

Banyak dari kita yang agak individual dan ingin menghabiskan waktu hanya dengan seseorang terdekat, tapi mengisi quality time bersama banyak orang akan lebih menyenangkan. Perasaan dicintai dan mencintai, berinteraksi sosial dengan banyak orang memiliki kontribusi terhadap kebahagiaan kita dan dapat meredam tekanan (stress).

Menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta jauh lebih berharga dari membeli barang-barang semahal apapun. Rencanakan sesuatu yang spesial dengan teman-teman, tidak harus pergi jauh, tapi lakukan sesuatu yang terencana dan berarti untuk mengisi liburan akhir pekan anda.

* Olahraga

Awali weekend anda dengan olahraga di pagi hari. Lakukan olahraga ringan hingga sedang sekaligus menyenangkan, misalnya jalan kaki. Anda bisa berolahraga sekaligus menikmati udara pagi dan suasana sekitar di akhir minggu, yang pastinya berbeda dengan suasana di hari kerja.

Berolahraga tidak hanya membuat tubuh lebih fit dan segar, tetapi juga memberikan efek bahagia atau senang. Olahraga terbukti memicu produksi dan pengeluaran berbagai hormon yang erat dengan rasa bahagia, salah satunya adalah dopamin. Kondisi tubuh yang fit juga mengurangi potensi yang mengancam kesehatan mental. Banyak sekali manfaat olahraga.

* Makanan untuk jiwa

Berdasarkan beberapa penelitian, orang yang memiliki waktu dan kemauan untuk melakukan aktivitas relijius cenderung memiliki perasaan puas (terpenuhi) di dalam menjalani kehidupannya. Ibadah dan keimanan mengisi sebagian besar porsi diri kita.

Menyediakan waktu untuk melakukan kegiatan kemanusiaan berpengaruh besar terhadap kecakapan mental kita, terutama saat menghadapi masalah. Melakukan meditasi atau yoga juga memberikan efek luar biasa, efeknya terutama terasa pada bagian terdalam tubuh dan jiwa kita.

* Belajar Memasak

Nah, jika Anda biasanya makan di luar atau membeli makanan untuk dibawa pulang, akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk mulai bereksperimen dengan resep-resep yang lama ingin Anda coba. Sesekali, masaklah makanan untuk diri sendiri juga untuk keluarga. Anda bisa mulai memasak makanan yang simpel, kue-kue kecil, puding atau-pun minuman. Be creative guys!

Jangan takut masakan Anda tidak enak atau gosong. Orang bijak berkata, Anda tidak akan pernah tahu hasilnya jika belum pernah mencobanya. Cobalah berkreasi dan tunjukkan bakat memasak Anda. Pasti sangat menyenangkan dapat mencicipi hidangan hasil masakan sendiri.

* Car Freeday

Bagaimana rasanya berjalan-jalan, jogging dan bertemu banyak orang di tengah jalan-jalan protokol perkotaan, tanpa ada satu pun kendaraan bermotor yang melintas? Yup, Anda bisa merasakan suasana ini di momen car freeday. Di beberapa kota besar, kini mulai digalakkan satu hari khusus jalan tanpa kendaraan bermotor.

Orang-orang bebas berlalu-lalang untuk berjalan-jalan, jogging, olahraga, bersepeda, bermain skateboard, sepatu roda bahkan hanya ingin duduk-duduk santai menikmati udara segar tanpa asap. Di car freeday ini biasanya juga terdapat penjual aneka makanan yang lezat. Biasanya car freeday dilaksaanakan pada hari Minggu. Datanglah bersama keluarga atau sahabat. Atau siapa tahu Anda bisa kenalan dengan sesama pengunjung car freeday? Wow, asik juga tuh!.(I2A/***)

1 comment:


  1. Thanks infonya. Ngomongin akhir pekan, ternyata ada loh beberapa aktivitas akhir pekan yang bisa bikin pengeluaranmu jadi boros. Cek di sini yuk: Kegiatan weekend bikin kantong jebol

    ReplyDelete