PEKANBARU-Peningkatan kualitas dan perluasan wilayah jangkauan layanan data terus diupayakan PT XL Axiata Tbk (XL) yang berkomitmen melayani masyarakat Indonesia tanpa henti. Terhitung Oktober 2016 ini, XL menambah jaringan 3G baru dan mulai melayani pelanggan melalui jaringan 3G pada frekuensi 900 MHz untuk layanan data dan voice yang lebih baik dan luas jangkauannya.
General Mager Sales Center West XL, AJ Eka Dwidasa Kornia, mengatakan, bahwa XL memang telah lama menghadirkan 2G dan 3G di Indonesia. Namun setelah itu XL mulai melakukan penambahan jaringan 3G di frekuensi 900 MHz, dan kemudian setelah mendapatkan sertifikasi komersialisasinya.
''Saat ini kami bisa menghadirkan layanan 3G dengan kualitas yang lebih baik untuk akses data dan voice. Wilayah layanannya pun juga jauh lebih luas, sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat memanfaatkannya di seluruh wilayah Indonesia,'' ujar Eka, Senin (3/10).
Dikatakan Eka, saat ini 93 persen populasi di Indonesia telah dilayani oleh XL melalui jaringan 2G dan 3G. Penambahan layanan broadband di frekuensi 900 MHz mencakup area yang sangat luas, hampir enam kali dari luas cakupan jaringan 3G sebelumnya dengan kualitas sinyal dua kali lebih kuat saat berada di dalam ruangan (indoor).
''Dengan demikian jaringan baru kita bisa dua kali lebih kuat digunakan di dalam ruangan. Jaringan XL juga akan enam kali lebih kuat denga jaringan baru 3G tersebut,'' papar Eka.
Penggunaan jaringan U900 ini sebagai bentuk apresiasi dan dukungan XL terhadap para pelanggan khususnya pengguna data untuk lebih produktif. Pelanggan di 352 kota/kabupaten sudah bisa menikmati jaringan 3G ini. "Dengan didukung dengan penambahan lebih dari 11.000 BTS 3G baru yang telah dibangun dan akan terus bertambah ke depannya,'' ungkap Eka.
Sejalan dengan peningkatan layanan broadband, mulai 1 Oktober 2016, XL menghadirkan tiga produk khusus dengan tarif yang sangat kompetitif. Pertama, paket ''Hotrod Xtra'' yaitu paket internet spesial dengan manfaat akses Data di jaringan 2G/3G/4G dan XTRA benefit telepon ke semua operator yang berlaku secara nasional.
Produk kedua, ''Kartu Perdana'' khusus bagi pelanggan di Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi dengan spesial benefit berupa tarif menelepon ke semua operator, hanya Rp 59/menit. Pada paket ini pelanggan juga mendapatkan bonus berupa 15 menit menelepon dan 150MB untuk akses Data. Bonus ini diberikan setiap bulan selama 3 bulan. Bonus akan dilipatgandakan pada bulan ke-4 hingga 12 menjadi 30 menit dan 300 MB.
Produk ketiga, paket ''XTRA Bicara'' yaitu Paket menelepon hanya untuk pelanggan Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Pelanggan akan mendapat manfaat berupa menelepon ke sesama XL sepuasnya, menelepon ke operator lain dan akses Data di jaringan 2G/3G/4G.
''Pelanggan yang ingin mendapatkan paket ini bisa memperolehnya melalui *123#, MyXL atau di toko-toko pulsa XL terdekat. Pada akhir Oktober 2016, layanan tersebut dapat diakses di 352 kota/kabupaten di seluruh Indonesia,'' jelas Eka.
Secara umum, layanan 3G di frekuensi 900 MHz dapat memberikan pengalaman layanan komunikasi digital dengan berbagai kelebihannya. Antara lain penetrasi sinyal 3G yang lebih baik, khususnya di dalam ruangan serta akses internet yang lebih stabil dan cepat dengan kecepatan hingga 21 Mbps.
Visi XL dalam implementasi U900 adalah menyesuaikan dengan program Indonesia Broadband Plan (IBP) yang dicanangkan pemerintah dengan menyediakan layanan broadband yang semakin luas hingga ke pelosok daerah. Implementasi U900 sekaligus menjadi sarana pendorong akselerasi perpindahan pelanggan dari 2G ke 3G atau 4G juga, serta memperluas cakupan layanan internet cepat di berbagai daerah, termasuk wilayah yang selama ini belum mendapat layanan internet yang memadai.
Dari total keseluruhan pelanggan XL saat ini, lebih 50 persen yang masih menggunakan jaringan 2G. Sementara itu secara industri, sebanyak 60-70 persen pelanggan masih menggunakan 2G. XL terus mendorong pelanggan agar beralih ke layanan 3G atau 4G yang memiliki kemampuan akses internet dan Data lebih baik.(I2A/***)
No comments:
Post a Comment